Fungsi dari ilmu sosial

Fungsi dari ilmu sosial yang di miliki sangat berarti dalam dunia pekerjaan, karena dari pelajaran ilmu sosial  kita telah di bekali komponen-komponen yang sangat berguna di dunia kerja.banyak sekali yang dapat kita pelajari dari ilmu sosial.
Dalam pelajaran ilmu sosial kita telah mendapat bekal yang banyak dalam memecahkan berbagai masalah yang mungin kita temui dalam dunia kerja.

Beberapa kompetensi Lulusan mata pelajaran ilmu sosial dapat melakukan tugas antara lain :

–          Dapat mendiskripsikan perkembangan sosial masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan.

–          Mengidentifikasikan upaya penanggulangan masalah – masalah yang terjadi di masyarakat.

–          Mampuemenciptakan suatu pemikiran baru yang berguna bagi kehidupan masyarakat banyak.

Dari sedikit contoh diatas dapat kita simpulkan , bahwa pembelajaran ilmu budaya sosial merupakan pembelajaran yang sangat penting, dan berguna bagi kita dalam dunia pekerjaan.

Di lapangan pekerjaan saat ini memang banyak yang mempunyai skill tinggi, tetapu hal ini tidak bissa di banggakan karena skill tidak akan berguna tanpa adanya softskill. Skill dan softskill sangat erat hubungannya dengan dunia kerja.

softskill merupakan kemampuan manusia untuk berorganisasi seperti berbicara di depan umum, mengatur sebuah organisasi dan lain-lain.

Belakangan ini kebanyakan orang terlalu sibuk meningkatkan hardskill mereka sehingga softskill mereka kurang terlatih. Dan mereka mendapat kesulitan ketika memasuki dunia kerja, karena dalam dunia kerja softskill lebih diperlukan daripada hardskill. Oleh karena itu sebaiknya kita melatih softskill kita sejak dini, karena softskill merupakan salah satu faktor yang menetukan kesuksesan seseorang di masa depan.

Soft skill berdasarkan terjemahan bebas dari Wikipedia merupakan sebuah kata dalam bidang sosiologis yang menggambarkan EQ (Emotional Intelligence Quotient) dari seseorang. Di dalamnya mencakup kemampuan berkomunikasi, kepribadian, bahasa, kebiasaan, serta optimisme yang terdapat pada diri seseorang.

Percaya atau tidak, tanpa bermaksud mengecilkan arti dari hard skill (pelajaran akademis) yang kita dapatkan melalui perkuliahan sehari-hari di dalam kelas, pada era sekarang ini soft skill seringkali lebih dibutuhkan daripada hard skill semata. Sekali lagi, ini bukan berarti kemampuan akademis atau technical skill dari seseorang tidaklah penting, melainkan soft skill seseorang saat ini bukanlah lagi suatu kemampuan yang bisa dikembangkan hanya dengan dipandang sebelah mata. Karena di era relationship (ini merupakan era selanjutnya setelah globalization era dalam pemasaran), era di mana kita berada sekarang dan era di mana kita akan bekerja nantinya, hubungan interpersonal sangat penting dan cara untuk melakukan hubungan interpersonal tersebut tentu saja sangat dipengaruhi oleh seberapa besar soft skill yang kita miliki.

Soft skill ini dapat kita latih dan kembangkan dengan berbagai cara. Di kampus, universitas menyediakan himpunan salah satunya sebagai media yang membantu mahasiswa agar dapat mengembangkan soft skill ini. Dengan mengikuti kegiatan-kegiatan kepanitiaan mahasiswa dapat melatih dan mengembangkan soft skill yang akan sangat diperlukan ketika mereka terjun ke dunia baik sebagai wirausahawan, dalam berkarier, maupun dalam dunia pergaulan dan hidup.

Sumber – sumber            :

http://www.hmpsm.net/2009/07/about-us.html

http://avrizzal.ngeblogs.com/2010/01/22/kegunaan-hard-skill-soft-skill/

About aneneharief

saya seorang mahasiswa di kampus swasta ternama di jakarta. bidang saya Dunia IT, saya juga suka dengan hal2 yang berbau Timur tengah, dan saya juga suka dengan dunia photography

Posted on September 2, 2010, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: